Cara Membuat Cireng Rujak yang Menyegarkan

5 Resep Kreasi Cireng, Camilan Khas Bandung yang Rasanya Bikin Nagih

Cireng merupakan salah satu camilan yang memiliki banyak penggemar. Karena rasanya yang gurih, cireng disukai banyak kalangan mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua. Gorengan cireng ini merupakan singkatan dari aci di goreng seperti makanan dengan singkatan lainnya seperti cilok aci yang dicolok, cimol, aci yang gemol. Sama seperti kawananannya, cireng merupakan jajanan dengan bahan utama nya adalah tepung tapioca. Meskipun berbahan sederhana, namun cireng tetap juara karena banyak yang menyukainya. Akhir – akhir ini, cireng memiliki banyak jenis tergantung dari cara pembuatan dan juga bumbu saos yang digunakannya.

Pada masa kini cireng bisa dibuat dengan menggunakan berbagai macam isian juga bentuk dengan rasa yang bervariasi. Umumnya, cireng bisa disajikan sendiri atau bisa juga disajikan dengan pelengkap cocolan saus sambal atau bumbu rujak sehingga menambah kenikmatan. Berikut akan dijelaskan mengenai cara membuat cireng rujak yang bisa anda buat dengan alat dan bahan di rumah.

Berikut bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat adonan cireng

1.. 150 gr tepung kanji/ tepung tapioka atau biasa disebut dengan aci

2. Haluskan 2 siung bawang putih

3. tepung terigu 200 gr

4. daun bawang 2 biji lalu diiris tipis (bisa digunakan atau tidak)

5. Daun bawang sebanyak 2 batang lalu iris tipis

6. Kaldu ayam sesuai selera

7. garam

8. merica bubuk

10. air panas 200 cc

Selain itu, anda juga perlu menyiapkan bahan untuk bumbu yang akan digunakan untuk mencocol cirengnya yaitu bumbu rujak. Berikut bahan – bahan yang diperlukan

1. Air hangat secukupnya

2. gula merah 1 gandu

3. 8 buah cabai rawit jika anda suka pedas (opsional)

4. kacang tanah yang telah digoreng 2 sdm

5. 1 sdm air asam jawa

6. Garam secukupnya

Selanjutnya adalah Cara membuat cireng rujak. Tahapan pertama adalah cara membuat adonan cireng. Berikut Langkah nya

1. campurkan kaldu bubuk, merica, tepung aci, daun bawang dan bawang putih, selanjutnya aduk secara merata dan simpan dahulu.

2. Campur semua bahan, aduk terus sampai adonan menjadi seperti lem.

3. campur adonan untuk tepung dan tuangkan sedikit demi sedikit sambil diaduk namun jangan sampai adonannya kalis.

4. Bentuklah adonan cireng sesuai selera. Jangan lupa untuk menambahkan tepung tapioka pada telapak tangan supaya adonan tidak menyatu.

5.selanjutnya, anda perlu goreng cireng menggunakan minyak panas sampai matang.

Berikut merupakan cara membuat cireng, Langkah selanjutnya adalah untuk membuat bumbu rujak nya.

Cara membuat bumbu rujak :

Cara membuat bumbu rujak adalah dengan mencampurkan semua bahan bumbu rujak, kemudian haluskan semua bahan. Jangan lupa untuk menambahkan bumbu yang telah dihaluskan dengan air secukupnya dan aduk hingga merata.

Berikut merupakan cara membuat cireng rujak yaitu cireng kripi yang dilumuri dengan bumbu rujak, sajian cireng rujak ini sangat mudah untuk dinikmati. Dengan alat dan bahan yang sederhana dan juga cara membuat yang mudah, jajanan cireng rujak ini siap anda nikmati. Kepedasan bumbu rujak bisa anda sesuaikan dengan selera anda apakah ingin pedah yang menggigit atau cukup pedas yang hangat. Banyak yang menjual cireng ini mulai dari jajanan kaki 5 hingga di restoran -restoran pun sudaah banyak tersedia cireng rujak ini. Sehingga anda tidak akan kesusahan mencarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

3 Buah Ini Cara Memakan Dan Bentuknya Sama

Pada artikel sebelumnya saya pernah menulis tentang 3 buah yang cara penyajiannya itu sama yaitu ada buah pepaya, melon, dan semangka. Ketiga buah itu harus dikupas dulu dengan pisau lalu

Resep Oseng Buncis Pedas Spesial Yang Siap Menggoyang Lidah

Tumis buncis atau yang biasa kita sebut dengan nama lain yakni oseng buncis, merupakan resep masakan sehari-hari masyarakat Indonesia yang memiliki cita rasa super lezat. Bahkan, tak ada satu pun

Rekomendasi Merk Gula Pasir Terbaik 2020

Gula pasir atau yang juga biasa disebut dengan nama gula putih, merupakan salah satu bahan baku yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Ya, tak hanya digunakan untuk bahan mengolah makanan,