Cara Aman Credit HP Agar Data Pribadi Tidak Bocor

Cara credit hp tanpa dp kini sangat mudah. Bahkan dengan bermodalkan KTP saja, kita sudah bisa mencicil HP yang diinginkan. Tapi pertanyaannya, apakah kredit HP cukup aman dan tidak akan ada potensi data disalahgunakan?

Seperti beberapa kasus, ada modus bahwa nomor telepon yang dikumpulkan di counter pulsa ternyata dijual kepada pihak ketiga. Tidak menutup kemungkinan jika data KTP pun bisa saja diperjual belikan.

Lalu bagaimana caranya supaya data-data kita aman dan tidak bocor atau bahkan diperjualbelikan kepada pihak ketiga? Berikut adalah cara aman credit hp agar data pribadi tidak bocor.

1. Cari perusahaan yang legal dan terdaftar.

Sebagai konsumen baiknya kita yang kini lebih waspada. Jangan mudah terbuai dengan bujuk rayu perusahaan ataupun sales yang mengiming-imingi dengan berbagai kemudahan. Mencari kemudahan kredit memang penting, tapi jauh lebih penting adalah keamanan data pribadi jangan sampai diperjualbelikan sebagai potensial customer bagi perusahaan lain.

Jadi, jangan heran jika pada akhirnya kita banyak menerima penawaran berbagai cicilan padahal tidak merasa mengajukannya. Potensi kebocoran data bisa terjadi di mana saja pada saat kita mengisi form atau formulir secara online maupun offline.

Hal tersebut bisa diminimalisir dengan melihat perusahaannya. Untuk perusahaan-perusahaan yang sudah punya nama dan terdaftar secara hukum, memiliki klausul atau aturan agar tidak memperjualbelikan data konsumen. 

Meskipun pada praktiknya agak susah ditelusuri dari mana saja data kita bisa bocor setidaknya dengan memilih perusahan yang legal dan terdaftar sudah menjadi salah satu upaya agar data pribadi kita aman.

2. Pertimbangkan credit hp secara online.

Meskipun tidak ada jaminan yang pasti bahwa credit hp secara online lebih aman dibandingkan secara offline, paling tidak seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya. Kita bisa memilih perusahaan yang legal. Dengan begitu secara tidak langsung konsumen mendapatkan payung hukum yang jelas jika sewaktu-waktu terjadi kebocoran data.

Ada cukup banyak perusahaan yang memberikan kemudahan credit hp tanpa dp dengan syarat yang mudah. Beberapa bahkan sudah terdaftar dan mendapatkan izin operasional dari OJK. Salah satu contohnya seperti Kredivo.

Kredivo memberikan bunga cicilan hp paling rendah hanya 2,6% saja per bulan. Tidak perlu repot menyiapkan DP. Semua bisa dilakukan baik online maupun offline. Pasalnya Kredivo sudah bekerja sama dengan berbagai mitra. Mulai dari marketplace tepercaya hingga counter besar seperti Electronic City maupun Erafone. 

Dengan penghasilan minimal Rp3 juta per bulan, berusia antara 18 sampai 60 tahun serta

berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. Menjadi prasyarat bagi member Kredivo.

3. Pastikan permission aplikasi tidak mengakses data sensitif.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan jika menggunakan aplikasi dari para perusahaan penyedia credit hp adalah permission aplikasi yang harus benar-benar dipastikan tidak lagi mengakses data sensitif seperti daftar buku telepon.

Beberapa kasus tagihan bisa diteruskan kepada teman kantor, keluarga atau bahkan mungkin atasan karena aplikasi pinjaman online ilegal memang sengaja mengakses data-data tersebut. Jika aplikasinya sudah jelas akan mengakses phonebook, sebaiknya dihindari. 

Kerugiannya menjadi ganda, bukan hanya akses data pribadi yang bisa perjual belikan tetapi juga daftar telepon di phonebook hp kita pun bisa saja diperjualbelikan dan bocor kepada pihak ketiga. Itulah mengapa kini konsumen harus lebih melek teknologi agar tidak selalu menjadi korban.

4. Bandingkan perusahaan yang satu dengan yang lain.

Jangan langsung percaya pada salah satu perusahaan. Pun saat memilih barang, pasti ada kecenderungan untuk mencari pembanding. Mulai dari layanan, bunga credit, jaringan, hingga jangkauannya dalam memberikan layanan.

Hal-hal tersebut bisa menjadi pertimbangkan ketika memang sudah punya minat atau keinginan untuk memboyong salah satu handphone idaman dengan pembayaran secara kredit. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Mau Pinjam Dana Tapi Utang Lama Masih Ada, Apakah Boleh?

Sebuah awal yang bagus jika kamu kepikiran dengan kondisi utang lama sebelum mengajukan pinjam dana lagi. Ini berarti, kamu cukup peduli dengan kondisi kesehatan keuangan pribadi dan juga utang yang

Ini Dia 5 Tips Jitu Dalam Mengembangkan Bisnis Reseler Boneka

Seperti yang kita ketahui bahwa negara Indonesia, menempati posisi ke 5 sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia. Berdasarkan dari hasil survei sensus penduduk yang dilakukan pada