5 Pengobatan Tradisional Penyakit Keputihan

 

Keputihan adalah hal yang wajar terjadi pada hampir semua wanita. Namun keadaan ini normal dan teratur sebelum atau saat menstruasi. Tetapi ada 2 jenis keputihan yang tidak normal ini merupakan penyakit yang cukup membahayakan bagi tubuh perempuan. Nah,disini kita akan berbagi tips menggunakan obat tradisional yang bisa mengurangi keputihan yang berlebih.

Penyakit Keputihan tidak normal adalah cairan yang keluar dari miss V namun warnnaya sudah tidak bening lagi, wananya bisa putih kekuningan, kehijauan ataupun kecokelatan, berbau tak sedap dan menimbulkan rasa gatal pada vagina.Keputihan disebabkan oleh infeksi bakteri,virus, jamur ataupun parasit. Jangan menganggap enteng atau mengabaikanya karena ternyata penyakit ini dapat menyebabkan kemandulan, kanker bahkan kematian.

Pengobatan tradisional dianggap ampuh dari zaman nenek moyang kita, yuk berikut bahan yang dapat digunakan :

  • Pisang

Buah pisang bermanfaat sebagai obat alami untuk miss V gatal dan mengeluarkan cairan. Untuk mendapatkan manfaat dari kandungan serat pisang yang tinggi 

Caranya bisa dengan mengonsumsi pisang segar sebagai bagian dari makanan sehari-hari anda secara rutin. Atau bisa juga dengan tumbuklah daging pisang yang sudah dipisahkan dari kulitnya, tambahkan dua sendok makan madu, kemudian aduk hingga bercampur dan oleskan ke area keputihan dua kali sehari. Sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

  • Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa bioaktif seperti allicin yang membantu menghilangkan bakteri, virus dan jamur. Selain itu kandungan senyawa ini menghilangkan bau tak sedap tanpa menganggu PH vagina.

Caranya dengan mengonsumsi beberapa suing bawang putih bersama dengan segelas air dipagihari atau bisa dengan ditumbuk beberapa suing bawang putih hingga halus kemduian oleskan pada area keputihan dan gunakanlah obat tradisional keputihan sampai gejala hilang.

  • Yogurt

Minuman seperti yogurt murni atau tanpa pemanis bisa digunakan untuk mengobati keputihan. Yogurt mengandung bakteri baik yang disebut probiotik, ini bermanfaat untuk kesehatan dan membantu mengembalikan keseimbangan bakteri dan ragi dalam tubuh. Jenis probiotik dapat melawan beberapa ragi yang menyebabkan keputihan dan infeksi ragi vagina.

Caranya dengan mengonsumsi yogurt alami, megoleskan yogurt alami ke vulva disekitar vagina dan membasuh vagina dengan yogurt cair, menghindari yogurt kental.

  • Teh Daun Jambu Biji

Obat Rumahan yang bagus untuk menghentikan keputihan kuning kehijauan adalah jambu biji dengan bau busuk atau cairan seperti susu putih .

Caranya dengan merebus 1 liter air hingga mendidih kemudian matikan api lalu masukkan 30 gram daun jambu biji yang sudah dibersihkan kedalam air panas dan biarkan selama 2 hingga 5 menit kemudian saring kemudian basuhlah saluran bagian genital menggunakan teh daun jambu biji dengan hati hati dan lakukanlah cara ini 2 hingga 3 kali sehari.

  • Sambiloto dan daun jengger ayam

Tanaman herbal ini sudah lama digunakan sebagai obat tradisional, dapat bermanfaat untuk mengatasi keputihan. Tanaman berdaun hijau kecoklatan ini mengandung senyawa yang bermanfaat di antaranya alkane, aldehid, homandrografolid,keton,flavonoid, mineral dan asam kersik. Sementara bunga jengger ayam mengandung minyak lemak, kaempferitrin, amaranthin,pinitol sedangkan pada daun terdapat saponin,flavonoida dan polifenol.

Caranya dengan merebus sambiloto yang sudah kering dengan 3 gelas air, tambahkan 15 gram bunga jengger ayam kering, dibiarkan mendidih hingga tersisa satu gelas air, saring air rebusan yang sudah diidingankan dan minumlah ramuan secara rutin.

Sumber gambar : aramedika.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *