3 Cara Mengatasi Diare Berkepanjangan

Secara umum diare menyerang selama kurun waktu tak lebih dari 14 hari. Bahkan, jika mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai, diare akan sembuh dalam waktu tak kurang dari 7 hari. Meski setelahnya, Anda tetap harus mengontrol makanan dan minuman apa saja yang keluar-masuk. Namun jika mengalami diare berkepanjangan dan lebih dari 14 hari, Anda patut waspada terjangkit diare kronis.

Jika sudah memasuki tahap kronis ini, Anda harus waspada karena hal ini dapat mengancam nyawa. Terutama bagi mereka yang memiliki sistem imunitas yang lemah. Karenanya, selalu penuhi kebutuhan suplemen harian dan obat-obatan untuk memberikan pertolongan pertama sedini mungkin. Jika malas keluar, Anda bisa dengan mudah membelinya di Goapotik, atau langsung saja akses melalui link berikut https://www.goapotik.com/promo/obat-diare-anak-dan-dewasa-dan-obat-sembelit-dan-susah-buang-air-besar.

Jika diare akut yang umum dialami terjadi karena infeksi virus atau bakteri, diare kronis memiliki pemicu yang lebih kompleks dan detail. Biasanya diare ini disebabkan oleh berbagai hal berikut ini.

  1. Penggunaan obat-obatan yang tidak tepat, seperti pencahar atau antibiotik
  2. Memiliki gangguan pada usus, seperti radang usus
  3. Intolerensi tubuh pada zat tertentu misalnya laktosa, fruktosa atau protein
  4. Gangguan pada pancreas
  5. Gangguan pada tiroid
  6. Pernah menjalani operasi ataupun terapi radiasi
  7. Berkurangnya aliran darah pada usus
  8. Memiliki riwayat tumor
  9. Mangalami gangguan sistem kekbalan tubuh
  10. Memiliki penyakit turunan yang menyebabkan defisiensi enzim tertentu

Terlepas dari apapun penyebabnya, diare kronis merupakan kondisi yang memerlukan penanganan medis dari tenaga ahli secepatnya lantaran resiko tinggi yang dapat menimbulkan dehidrasi akut dan gangguan elektrolit. Agar dapat mengenali gejala diare Anda lebih dini, Anda bisa membaca berbagai artikel bermanfaat dengan mengakses halaman Guesehat di https://www.guesehat.com/masalah-ringan-pada-anak-yang-bisa-jadi-adalah-gejala-kanker. Di sana, Anda bahkan dapat berkonsultasi langsung dengan dokter.

Pengobatan diare berkepanjangan berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Untuk itu diperlukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut dari dokter. Jangan lupa untuk terus mencukupi kebutuhan cairan Anda dengan konsumsi minuman yang cukup, lebih baik lagi jika minuman tersebut menandung elektrolit di dalamnya. Tunggu apalagi, segera periksakan diri ke dokter jika diare yang Anda alami tak kunjung sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *