Inidia Kereta Api Dengan Jarak Tempuh Terpanjang Hingga 945 KM Yang Harus Anda Ketahui

Kereta api merupakan alat transportasi umum yang paling populer di masyarakat kita. Selain harga tiketnya yang murah, keamanan dan kenyamanan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan orang-orang lebih menyukai kereta api sebagai alat transportasi dalam menopang aktivitasnya sehari-hari. Terlepas dari itu, mungkin dari anda belum mengetahui bahwa ada beberapa kereta api yang memiliki jarak tempuh yang sangat panjang, sehingga membutuhkan waktu berjam-jam bahkan sampai seharian dalam mencapai tempat tujuan. Berikut adalah 5 kereta api yang memiliki jarak tempuh terpanjang di Indonesia :

  1. KA Brantas

KA Brantas ini adalah kelas kereta Ekonomi AC dengan rute Stasiun Kediri – Pasar Senen Jakarta dengan melalui jalur utara. KA Bantas ini menempuh jarak sepanjang kurang lebih 725 KM untuk sampai ke tempat tujuan, dimana perjalanan panjang ini ditempuh dalam waktu 15 jam melewati Kediri, Madiun, Solo, Semarang, Cirebon, dan Jatinegara. Harga tiketnya pun sangat murah,yang hanya dibandrol dengan harga Rp. 84.000 saja.

  1. KA Gaya Baru Malam Selatan

KA Gaya Baru Malam Selatan ini merupakan kereta api kelas Ekonomi AC, dan sudah beroperasi sejak februari 1975. KA Gaya Baru Malam Selatan (GBMS) ini beroperasi pada rute Stasiun Gubeng Surabaya – Pasar Senen Jakarta. Dimana rute yang ditempuh oleh kereta api ini menempuh jarak kurang lebih 825 KM lewat jalur selatan.

  1. KA Matarmaja

KA Matarmaja ini melayani rute Stasiun Kota Baru Malang – Pasar Senen Jakarta yang memiliki jarak tempuh sekitar 881 KM. Adapun nama Matarmaja ini diambil dari nama-nama kota yang dilewatinya, yaitu Malang, Blitar, Madiun, dan Jakarta. Perjalanan dari Stasiun Kota Baru Malang – Pasar Senen Jakarta, kereta api ini membutuhkan waktu kurang lebih 15 – 16 jam perjalanan dengan harga tiket Rp. 110.000.

  1. KA Gajayana

KA Gajayana ini merupakan kereta api kelas Eksekutif yang melayani rute cukup panjang, yakni dari Stasiun Kota Baru Malang – Stasiun Gambir Jakarta dengan jarak tempuh sejauh 907 KM.  Jarak sejauh itu akan ditempuh dalam waktu kurang lebih 14,5 – 15,5 jam dengan kecepatan 70 – 120 km/jam. KA Gajayana ini berangkat dari Stasiun Kota Baru Malang, mulai pukul 13.30, sedangkan kalau dari Stasiun Gambir Jakarta, mulai berangkat pukul 17.40. Dan perjalanan yang cukup panjang ini ditempuh melalui jalur selatan. Adapun harga tiketnya dibandrol dengan harga Rp. 435.000 – Rp. 535.000.

  1. KA Krakatau

KA Krakatau ini tercatat sebagai kereta api yang memiliki jalur tempuh terpanjang di Indonesia, yakni sekitar 945 KM. Dimana rute yang ditempuh oleh KA Krakatau ini adalah Stasiun Blitar – Stasiun Merak. Kereta api yang memiliki 11 rangkaian gerbong ini akan melewati semua provinsi yang ada di pulau jawa, yakni Jawa Timur, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten via jalur selatan. KA Krakatau yang diresmikan pada 24 Juli 2013 ini dipatok dengan harga tiketnya adalah Rp. 205.00 – Rp. 270.000. dari Blitar menuju Merak Banten. KA Krakatau ini merupakan kereta api kelas Ekonomi AC yang memiliki 32 titik pemberhentian guna menaik turunkan penumpang.

Ketika anda akan menggunakan kereta api, tentunya anda harus memiliki tiket. Maka dari itu, untuk mendapatkan tiketnya, anda bisa langsung pesan tiket KAI melalui situs resminya maupun di agen-agen penjual tiket lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *