Mohamad Ahsan Dan Rian Agung Saputro Pasangan Ganda Putra Indonesia Yang Perilakunya Islami

Kejuaraan dunia bulutangkis 2017 merupakan edisi ke 23 dari kejuaraan dunia bulutangkis yang diadakan oleh Federasi Bulutangkis Dunia yang diselenggarakan pad 21-27 Agustus 2017 di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia. Peluang Indonesia bawa pulang gelar kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 dari sektor ganda putra kandas. Itu terjadi usai Mohamad Ahsan dan Rian Agung Saputro kalah dari pasangan Tiongkok, Liu Cheng dan Zhang Nan. Tapi ada yang membuat saya berdecak kagum, bangga, dan salut pada ganda putra Indonesia ini. Selain aksinya yang cemerlang dilapangan saat bertanding namun perilaku mereka yang islami dapat dijadikan panutan seseorang yang beradab. 3 Perilaku Islami dari kedua atlet ini yaitu :

 

  • Kostum Syar’i Yang Menutup Aurat

 

Dalam ajaran Islam memang diwajibkan untuk menutup aurat. Bagi laki laki adalah bagian tubuh dari pusar hingga ke lutut. Ganda putra ini mengenakan legging hitam, yang dipadukan dengan celana pendeknya. Legging tersebut menutup bagian tubuh hingga ke bawah lutut, yang menjadi batas aurat bagi kaum lelaki. Kostum syar’i ala kedua atlet ini sama sekali tidak mengganggu pergerakan mereka saat bertanding.

 

  • Sujud Syukur

 

Selain kostum yang unik, ada hal unik lainnya yang dilakukan ganda putra ini. Mereka memperagakan selebrasi sujud syukur saat meraih kemenangan di semifinal dengan mengalahkan unggulan keempat asal Jepang. Namun walaupun kalah saat bertanding pasangan atlet ini tetap melakukan sujud syukur. Selebrasi itu tak perlu berlebihan, cukup sederhana namun bermakna.

 

  • Minum Sambil Duduk Atau Jongkok

 

Islam memanglah agama yang sempurna hanya agama islam yang mengatur semua secara medis dan akupunktur, ketika minum dianjurkan untuk duduk juga ada dalam aturan agama islam. Minum dan makan sambil duduk, lebih sehat, lebih selamat, dan lebih sopan, karena apa yang diminum atau dimakan akan jatuh pada dinding usus dengan perlahan dan lembut. Itupun yang dilakukan Mohamad Ahsan di sela pertandingan dia minum sambil duduk/jongkok.

Selain 3 perilaku islami diatas yang dilakukan oleh ganda putra ini, Mohamad Ahsan tidak bersentuhan tangan saat bersalaman dengan service judge yang perempuan dari Thailand.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *